Selasa, 20 April 2010

tetap tenang hadapi kebakaran

Belakangan ini, kebakaran banyak terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Banyak orang yang kehilangan tempat tinggalnya dan kehilangan lahan pekerjaan karena masalah ini. Bahkan, tidak jarang kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa. Apa yang menjadi penyebab kebakaran? Apa yang harus Anda lakukan bila terjebak di dalam kebakaran?


Kebakaran banyak terjadi karena kelalaian si pemilik rumah atau ruko, seperti lupa mematikan kompor, lupa mematikan lilin, hubungan arus pendek, dan masih banyak lagi. Sebelum Anda bepergian ke luar rumah, ada baiknya Anda memeriksa kompor sekali lagi. Lebih baik repot sedikit daripada terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika Anda sedang memasak, jangan sekali-kali Anda meninggalkan masakan Anda. Jika benar-benar terpaksa, matikan sejenak kompor Anda.

Jauhkan semua barang yang mudah terbakar dari api. Barang tersebut dapat berupa spray pengharum ruangan, spray obat nyamuk, parfum, gas, minyak tanah, atau bensin. Anda bisa menaruhnya di tempat khusus.

Anda merokok? Jangan lupa matikan puntung rokok Anda sebelum beranjak dari tempat Anda saat itu.

Siapkan atau beli peralatan pemadam kebakaran. Tidak perlu yang terlalu besar, cukup yang ringkas saja. Pelajari bagaimana cara menggunakan alat tersebut dan ajarilah semua orang di rumah Anda. Jika merasa perlu, belilah Smoke Detector di setiap lantai rumah atau ruko Anda.
Bila Anda terjebak di dalam ruangan yang mengalami kebakaran, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Tetap tenang.

2. Gunakan alat pemadam kebakaran yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Alat tersebut akan sangat berguna apabila kebakaran belum terlalu besar. Gunakan kain basah bila Anda tidak memiliki peralatan tersebut. Bila kebakaran terlalu besar, biarkan ahlinya bekerja (Pemadam Kebakaran).

3. Jika kebakaran terjadi karena konslet atau hubungan arus pendek, segera matikan listrik rumah Anda. Untuk mencegah hal tersebut Anda bisa mengganti kabel yang sudah usang atau terlalu tua.

4. Tutup ruangan yang terbakar agar api tidak menjalar terlalu cepat.

5. Jangan lupakan anggot keluarga Anda. Bila api sudah terlalu besar, segera selamatkan diri Anda dan keluarga. Tetap ingat peraturan pertama. Anda harus tetap tenang, jangan bikin kepanikan atau semuanya akan kacau.

6. Jika terjadi kebakaran di malam hari, gunakan selimut Anda untuk melindungi diri. Segera keluar dari ruangan Anda.


(disadur dari: chip.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar